Selasa, 23 Juni 2009

SEJARAH DESA SELING KEC. KARANGSAMBUNG

LEGENDA DAN SEJARAH DESA SELING
KEC. KARANGSAMBUNG
a. Legenda Desa
Pada jaman dahulu Desa Seling berupa hutan. Suatu ketika datang seorang yang sakti dan bijaksana yang bernama mbah Penosogan yang berasal dari Kajoran, beliau salah seorang cucu dari mbah Agung Kajoran. Mbah Penosogan datang ke Penosogan karena adanya suatu peristiwa yaitu pada waktu mudanya beliau suka merantau dan mengembara maupun bertapa serta berguru untuk mendapatkan ilmu dan kesaktian bahkan setelah menikahpun beliau masih suka melakukan kesenangan merantau meninggalkan seorang istri. Suatu ketika mbah penosogan pulang dari merantau mendapatkan istrinya sudah menikah lagi, karena kecewa beliau meninggalkan desanya menuju kearah timur menyebrangi Sungai Luk Ulo sampai ke Desa Kedung Waru, di desa tersebut beliau bertemu seorang tokoh desa yang masih saudara yang kemudian memberi petunjuk agar menetap di sebelah selatan desa Kedung Waru di sebuah bukit berbatu padas putih.
Suatu hari datang seorang tamu bernama Kertanegara meminta perlindungan kepada mbah Penosogan dan diperbolehkan menetap di wilayah Penosogan, Kertanegara adalah seorang pelarian yang dicari oleh Belanda . Karena kesaktian Mbah Penosogan wajah kertanegara di usap langsung berubah wajahnya kemudian diganti namanya mbah Pringtali dan menetap di dusun Sambeng. Suatu ketika datang tentara Belanda datang ke mbah Penosogan mencari pelarian yang bernama Kertanegara. Kemudian komandan tentara Belanda dipertemukan dengan Kertanegara “ Apakah orang ini yang dicari oleh Belanda “ karena wajahnya sudah berubah, komandan tentara Belanda tidak mengenal lagi wajah Kertanegara, kemudian menjawab “ Bukan orang ini yang dicari “.
Sepeninggal Komandan tentara Belanda, mbah Pringtali ( Kertanegara) mengucapkan terima kasih kepada mbah Penosogan dengan memberi ayam jago bernama Celing , ayam tersebut setiap diadu pasti menang sehingga sangat terkenal, dikemudian hari dusun penosogan berubah menjadi desa dengan nama Desa Seling.
b. Sejarah Desa Seling
Tahun Kejadian Peristiwa Buruk
1943 Terjadikelaparan dan penyakit koreng
1947-1948Penjajahan Belanda ke II
1950-1951Pemberontakan AOI
1964-1965Pemberontakan G 30 September
1970 Sering terjadi serangan penyakit Demam
1973 Trejadi Paceklik, Terjadi tanah longsor di Rw.II 3 Ha
1980-1981 Kepala Desa menerima bantuan kuda, Desa menerima bantuan ayam namun
banyak yang mati terkena penyakit Tetelo
1982 Gunung Galunggung meletus banyak hewan yang mati
1986 Terjadi banjir besar di Rw.I satu warga tenggelam
1988 Tanah longsong di Prapatan.
1998 Salah satu warga tmeninggal dunia karena tenggelam di sungai Kaligawe
2000 Salah satu wargameninggalkarena tenggelam di Sungai LukUlo
2003 Serangan penyakit Antrax, banyak hewan yang mati
2004 Bantuan hewan kambing yang ke II banyakyang matikarena berpenyakut
Tahun
Kejadian Peristiwa Baik
1973 Mendapat bantuan Beras Bulgur
1980-1981Menerima bantuan sapi Banpres Perintisan wayang kulit dan kuda
kepang oleh mbah Sanjayareja
1982 Menerima bantuan sapi 40 ekor
1984 Pembangunan Balai Desa secara swadaya
1988 Gugur gunung pembuatan jalan menuju ke Dk Sambeng
1995 Pertama kali Dukuh Rw.II menerima bantuan moda lsimpan pinjam
1999 Rw. II menerima bantuan pengaspalan jalan 1 Km
2001 Desa menerima bantuan pembangunan rumah 31 unit
2003 Terbentuknya rombongan Rebana dan janeng di Rw.I
2004 Menerimabantuanpembelian tanahkas Desa
2007 Pemilihan Kepala Desasecara Demokratis terpilih Bp.Sutarjo

4 komentar :

  1. saya tinggal di sambeng mas...kenalan ya...hehehe..kunjungi blogku di sirih hoya...ketik di search engine google pasti ketemu...hehehe...asik lo mas artikel ttg desa seling...makasih mas...

    BalasHapus
  2. Mas saya cuma ingin nambahi artikel tentang desa Tlepok.terutama tentang kepala desa sebelum dan sesudah Kemerdekaan.Seblum Kemerdekaan yaitu setelah perang diponegoro sekitar tahun 1940 Lurahnya adalah Karyasentika,terus berikutnya Nayadiwirya, dan Sastodiwiryo sampek Thun.1945.perlu diketahui juga jln.antara Kalikarang dan Tlepok yg sekarang adalah ide dari Lurah Sastrodiwiryo.,1945 sampek 1986 di jabat oleh Sastrosentono.Ke Lima Beliau di makamkan Di Tlepok.

    BalasHapus
  3. Masukan tentang lurah tlepok sebelum dan sesudah kemerdekaan RI. 1840 di jabat KARJASENTIKA,seorang pejuang dan prajurit Pangeran Diponegoro.2.LURAH NAJADIWIRYA anak Karyasentika,3.SATRODIWIRYO buyut dari Karyasentika menjabat sampek thun 1945. Setelah jaman Kemerdekaan SASTROSENTONO sampek 1986.

    BalasHapus
  4. Mas saya cuma ingin nambahi artikel tentang desa Tlepok.terutama tentang kepala desa sebelum dan sesudah Kemerdekaan.Seblum Kemerdekaan yaitu setelah perang diponegoro sekitar tahun 1940 Lurahnya adalah Karyasentika,terus berikutnya Nayadiwirya, dan Sastodiwiryo sampek Thun.1945.perlu diketahui juga jln.antara Kalikarang dan Tlepok yg sekarang adalah ide dari Lurah Sastrodiwiryo.,1945 sampek 1986 di jabat oleh Sastrosentono.Ke Lima Beliau di makamkan Di Tlepok.

    BalasHapus