Selasa, 23 Juni 2009

SEJARAH DESA GUNUNGMUJL KEC. KUWARASAN

LEGENDA DAN SEJARAH DESA GUNUNGMUJL
KEC. KUWARASAN

Pada jaman dahulu, yaitu sebelun tahun 1926 Desa Gunungmujil Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, masih dua Desa yaitu Desa Gintungan dan Desa Gunungmujil yang dipimpin dua orang Kepala Desa sebagai berikut :
1. Desa Gintungan dipimpin oleh Madnawi.
2. Desa Gunungmujil dipimpin oleh Ranawijaya.
Selanjutnya pada tahun 1926 Desa Gintungan dan Desa Gunungmujil di blengket atau disatukan menjadi satu yaitu Desa Gunungmujil yang dipimpin oleh Ranawijaya sampai dengan tahun 1942. Selanjutnya perkembangan legenda dan sejarah Desa Gunungmujil adalah sebaga berikut :

TAHUN KEJADIAN YANG BAIK KEJADIAN YANG BURUK
1942 PJS Ronodimejo
1946 Pemilihan Kepala Desa
1965 Huru hara politik
1982 Pembangunan balai desa
PJS Karayawireja congkog
1985 PJS Sanwihajo SEKDES
1989 Pesta Demokrasi
Pembangunan kantor sekretariat
1993 PJS Sanparjo
1994 Pesta Demokrasi ( Sarno )
1997 Serangan hama keong
2002 Pesta Demokrasi (Drs.Adno)
2007 Pesta Demokrasi (Sunarko)

Suber RPJMDes Gunungmujil

3 komentar :

  1. kenapa bisa di namai gunung mujil

    BalasHapus
  2. Pada abad ke-9, kawasan yang sekarang masuk wilayah Desa Gunungmujil, masih berujud hutan dengan sebaran kemiringan berbeda-beda. Perbedaan titik paling utara yang kini menjadi jalan lingkar selatan Kota Gombong adalah +52 m di atas permukaan laut, sedangkan titik selatan, yakni Kedung di jalan penghubung antara Gintungan dan Wanayasa + 42. Kondisi demikian bagian utara desa ini menunjukan keadaan bukit yang dalam bahasa lokal disebut Gunung. Sedangkan penamaan mujil berarti memuncak, dengan demikian Gunungmujil secara bahasa berarti gunung yang tampak puncaknya. Sedangkan secara maknawi, daerah yang penduduknya memiliki kemampuan pemikiran dan kebijaksanaan tinggi dalam memajukan desa dan negaranya.

    BalasHapus