Sabtu, 15 Oktober 2011

Legenda dan Sejarah Desa Logandu Karanggayam

Asal mula desa kami berupa Pedukuhan namanya Pesawahan.Yang membuka wilayah adalah seorang prajurit Mataram pengikut dari Pangeran Diponegoro yang menyingkir karena pimpinanya tertangkap oleh Belanda, yang bernama Ki Sarahita. Kemudian disusul oleh Ki Suradiwangsa putra Ki Somadiwangsa dan cucu Mbah Untung Surapati ( Mbah Kepadangan ) karena waktu itu masih berupa hutan belantara.
Keberadaan Pedukuhan Pesawahan akhirnya diketahui oleh Bupati Kebumen saat itu yaitu Arum Binang IV.Berdasarkan kesepakatan dengan ndara Siten di Pagebangan mengangkat Ki Ketadikrama sebagai Kepala Desa I di Pedukuhan Pesawahan. pada tahun 1847 yang kemudian dijadi tahun berdirinya desa kami. Wilayahnya diperlebar yakni dari Dukuh .Karanganyar dan Jombor yang asalnya ikut desa Kebakalan sampai Kali Sadang.Karena daerahnya banyak ( dalam istilah jawa LOH ) batunya (dalam bahasa lokal namanya GANDU ) kemudian dijadikan nama desa kami LOGANDU.Ki Ketadikrama memerintah di Logandu dari tahun 1847 – 1867.
Pada tahun 1954 (yang dipimpin oleh Ki. Kretawangsa Kepala Desa ke III) mulai berdiri Sekolah Rakyat (SR) sampai kelas III, yang dilanjutkan pada tahun 1970 berganti Sekolah Dasar sampai kelas VI. Pada tahun 1983 didirikan lagi 1 SD dan tahun 1986 bertambah menjadi 3 SD.
Pada tahun 1997 ketika dipimpin oleh Bapak Suhono desa kami mulai mengalami perubahan dengan adanya pengaspalan jalan DPU yang menjadikan desa kami tidak terisolasi dengan wilayah lain. Dilanjutkan dengan berbagai pembangunan yang menyebabkan kemajuan di desa kami, termasuk adanya listrik masuk desa.
Pada tahun 2003 ketika dipimpin oleh Bapak Yadi desa kami melakukan kerjasama dengan lembaga Plan. Masyarakat sepakat bersatu padu meningkatkan pembangunan didesanya baik fisik maupun non fisik dalam rangka meningkatkan pola kehidupannya bersama lembaga Plan.
Beberapa program dan pelaksanaan kegiatan telah dilakukan mulai dari sarana pendidikan untuk anak dan orang dewasa sampai dengan pembangunan sarana dan prasarana penunjang kesehatan dan ekonomi warganya. Kerjasama dengan lembaga Plan masih dilakukan sampai sekarang dan masyarakat berharap semoga dengan adanya kerjasama ini bisa membawa dampak positif bagi kemajuan desa Logandu dimasa yang akan datang.

Sumber RPJMDes Desa Logandu

Tidak ada komentar :

Posting Komentar