Minggu, 03 Januari 2010

Menyusun Renstra Dinas Pertanian

Menjelang tahu baru tepatnya tanggal 30 Desember 2009 ada undangan dari dinas pertanian kabupaten kebumen untuk mendikusikan penyusunan rentra dinas pertanian tahun 2011 s/d 2015 walaupun menjelang tahun baru dan dilaksanakan pada sore hari ( dimulai jam 13.oo ) namun parserta diskusi yang terdiri dari unsur dinas pertanian, penyuluh, kelompok tani dan NGO tampak sangat antusias.
Membicarakan penyusunan renstra dinas pertanian memang menjadi sangat menarik mengingat sebagian besar matapencaharian penduduk kabupaten kebumen memang berada pada sektor ini.
Semangat untuk menyusun rentrsa dina secara partisisipatif yang telah diinisiasi oleh dinas pertanian kabuapten kebumen tertunya harus kita beri aspresiasi yang tinggi namun demikian sebaiknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar renstra yang dihasilkan nantinya berkwalitas.
1. Lakukan terlebih dahulu evaluasi pelaksanaan renstra 2005 s/d 2010
2. Lakukan assesement baik ditingkat dinas maupun ditingkat komunitas petani agar mendapatkan isu isu yang mendasar dan relevan
3. Lakukan kajian data data sekunder sebagai pelengkap dan pembanding hasisl asesement.
Tiga tersebut setidaknya langkah awal yang harus dilakukan oleh dinas pertanian kabupaten kebumen dalam upaya menyusun Renstra yang partisipatif.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar