Senin, 30 Mei 2011

Dikpora dan BEC-TF Mengadakan Penguatan Komite Sekolah

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Program BEC-TF mengadakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus Komite Sekolah yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 29 – 31 Mei 2011 bertempat di Hotel Wahid Salatiga. Kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus Komite Sekolah diikuti oleh Kepala SD/SMP Model sebanyak 20 orang dan Ketua Komite Sekolah Model sebanyak 20 orang. Kegiatan ini bertujuan :
1. Optimalisasi peran dan fungsi Komite Sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja Komite Sekolah.
2. Menciptakan sinergitas antar pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan upaya-upaya peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan.
3. Meningkatkan pemahaman pengurus Komite Sekolah mengenai posisi Komite Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah.

Peran serta masyarakat merupakan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang salah satunya diwujudkan dalam wadah Komite Sekolah. Agar peran serta masyarakat tersebut dapat mendukung upaya Pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, maka Komite Sekolah perlu diberdayakan peran dan fungsinya secara optimal.

Dalam kenyataannya, keberadaan Komite Sekolah belum sepenuhnnya dapat memainkan peran dan fungsinya sehingga belum mampu mendorong peningkatan mutu layanan pendidikan di sekolah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman yang mendasar tentang peran dan fungsi komite sekolah di kalangan para pengurusnya sendiri di satu sisi dan rendahnya posisi tawar Komite Sekolah di hadapan sekolah di sisi yang lain. Akibatnya tidak sedikit Komite Sekolah yang kinerjanya rendah dan kurang berdaya ketika berhadapan dengan sekolah, terutama dalam mempenhgaruhi kebijakan.

Atas dasar kondisi yang demikian itulah maka perlu adanya upaya-upaya pemberdayaan Komite Sekolah, salah satunya adalah melalui workshop tentang penguatan Komite Sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kapasitas pengurus Komite Sekolah agar mereka dapat memainkan peran dan fungsinya secara optimal dalam rangka bersinergi dengan pihak sekolah demi kemajuan pendidikan di daerahnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar