Kamis, 17 Desember 2009

Training Perencanaan Dan Penganggaran Daerah Pro Poor



Sudah menjadi fitrah bahwa kebutuhan manusia selalu tak terbatas sementara finansial (uang) yang dipunyai selalu terbatas. Maka dalam mengelola uang diperlukan pertimbangan atau pembatasan. Dengan demikian maka dalam megelola uang diperlukan perencanaan dan penganggaran. Dalam perencanan dan penganggaran tersebut jelas diperlukan pencatatan dan pembukuan yang dikenal dengan istilah akuntansi. Yakni pola pembukuan yang menganut sistim tertentu. Tujuannya memudahkan membaca, menganalisa dan mempertanggungjawabkan.
Perencanaan dan penganggaran Negara kita mengenal salah satunya adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD); didalamnya terdapat program dan kegiatan serta angka-angka. Biasanya sangat tebal dan mengikuti aturan atau proses tertentu. Maka dari itu bila ingin dapat memahami anggaran hendaknya mengetahui tehnik membaca anggaran; kemudian baru bisa menganalisa anggaran.
Anggaran Negara merupakan dokumen public dan hak setiap warga untuk tahu dan mengkritisinya. Hak tersebut bila akan diminta dan digunakan maka diperlukan pengetahuan dan pemahaman tentang siapa atau kelompok masyarakat yang mana yang harus mendapatkan prioritas utama dalam anggaran (hak dasar). Bila memasuki ranah penggunaan hak pada anggaran Negara maka diperlukan advokasi.
Dalam ragka proses penyadaran warga itulah Forum Masyarakat Sipil ( FORMASI ) ddidukung Ford Foundation ( FF ) megadakan Pelatihan Membaca dan Menganalisa serta advokasi anggaran sebagai salah satu rangkaian program advokasi anggaran pro rakyat miskin melalui perencanaan dan penganggaran berbasis masyarakat desa.
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu , tanggal 12 dn 13 Deseber 2009 bertempat di Hotel dan Periwisata Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen. Pelatihan tersebut diikuti dua puluh lima peserta dari unsur komunitas dan NGO sedangkan fasilitator pelatihan berasal dari Seknas Fitra ( Mas Hadi ) BAPEDA Kebumen ( Ibu Retno ) dan FORMASI ( Yusuf Murtiono dan Mustika Aji )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar