Senin, 19 Oktober 2009

“ Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak Usia Remaja”

Anak merupakan salah satu anugerah terbesar yang dikaruniakan Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Kehadiran seorang anak dalam sebuah rumah tangga akan menjadi generasi penerus keturunan dari orang tuanya. Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat pernah berkata, ''Sesungguhnya, setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan suci (fithrah, Islam). Dan, karena kedua orang tuanyalah, anak itu akan menjadi seorang yang beragama Yahudi, Nasrani, atau Majusi.''
Ada masa kristis dalam pengasuhan anak yaitu pada masa balita dan pada saat anak memasuki usia remaja. Menurut Hurlock (1981) remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun dan Monks, dkk (2000) memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun. Masa remaja adalah masa yang penuh dan gejolak dan rentan akan masalah. Beberapa masalah yang muncul pada masa ini antara lain : Kecemasan,Kesulitan belajar, Menarik diri, Psikosomatik, Depresi, Kebingungan, Gangguan prilaku, berkelahi, tawuran, melanggar hukum, Psikosa, Ketergantungan narkotik dan zat adiktif, gangguan jiwa dari ringan sampai berat. Kondisi kondisi yang yang demikian tentunya menuntut pola asuh yang tepat dari orang tua.
Berangkat dari keprihatinan tersebut pada tanggal 18 Oktober 2009 bertempat di sekertariat LSU Bina Insani Kedung Puji dilangsungkan saresehan “ Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak Usia Remaja. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar dua lima peserta.
Ada beberapa hal yang ditekankan oleh Ustadz Sohiran. S. Ag selaku narasumber pada acara tersebut dalam menerapkan pola asuh terhadap anak usia remaja antara lain :
1.Mengutamakan pendekatan dialogis
2.Melakukan controlling
3.Memberikan arah Visi Hidup yang jelas
4.Berdoa.
Dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi, dan problem solving antar peserta dalam melakukan pola asuh terhadap anak usia remaja. Diakhir acara disepakai untuk tidak lanjut dari kegiatan ini karena perserta menyadari begitu sulitnya mendampingi dan mendidik anak usia remaja.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar