Minggu, 08 Januari 2012

DESA LOGANDU MENUJU " UNIVERSITAS SOSIAL DESA RAMAH ANAK "

Disamping Desa Pandansari Kecamatan SruwengDesa Logandu Kecamatan Karanggayam Kab. Kebumen akan dijadikan salah satu " Universitas Sosial Desa".Jika desa Pandansari akan menjadi Universitas Sosial Desa dengan menekankan pada Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang baik, Universitas Sosial Desa Logandu disamping untuk Tata Kelola Pemerintahan Desa yang baik akan mempunyai kekhususan lain yaitu Desa Ramah Anak.

Desa Logandu telah berbenah cukup lama untuk menjadi Desa Ramah Anak dimulai dengan berdirinya Kelompok Anak Child Al- Habib 7 Juli 2007 yang sampai saat ini begitu aktif dan energik bahkan sampai mampu menerbitkan majalah sendiri " DSTAR " dan turut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kebijakan di tingkat Desa. Kelompok anak Child Al- Habib saat ini juga telah mempunyai tempat aktifitas " Sanggar Anak " yang cukup memadai sebagia pusat kegiatan anak di Desa Logandu.

Di desa Logandu juga telah berdiri KPAD ( Komite Perlindungan Anak Desa ) CHILD ALHABIB yang telah berdiri sejak tahun 2007, dan telah mendapatkan SK dari Kepala Desa Logandu. KPAD CHILD ALHABIB mempuyai Tugas pokok dan fungsi;
1. Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang hak-hak anak
2. MEMPROMOSIKAN CHILD RIGHTS dan CHILD PROTECTION
3. Melakukan upaya upaya PENCEGAHAN, RESPON dan PENANGANAN kasus kasus kekerasan terhadap anak dan masalah masalah anak.
Disamping hal tersaebut diatas segenap elemen masyarakat Desa Logandu ( Pemdes, BPD, Lembaga Masyakat Desa, Tokoh Masyakat, Tokoh Agama ) juga telah mendeklarasikan untuk berbuat yang terbaik bagi anak baik dilingkungan keluarga, masyarakat mupun dalam kebijakan dan pembangunan Desa Logandu.

1 komentar :

  1. mudah mudahan dapat tercapai apa yang menjadi cita2, kami dari warga yang ada di perantauan akan mendorong terus kepada anak2 kami yang ada di desa supaya lebih baik

    BalasHapus