Selasa, 16 Agustus 2011

Workshop KPB MDGs

Pada tanggal 16 s/d 17 Agustus 2011 bertempat di Hotel Cadisari, FORMASI mengadakan workshop Kartu Penilaina Bersama ( KPB ) MDGs. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dari perwakilan LSM yang ada dikabupaten Kebumen. Kegunaan utama dari KPB pencapaian MDGs, meningkatkan partisipasi masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja pemerintah di tingkat lokal (kota ataupun kabupaten) melalui pemberian penilaian terhadap kinerja pemerintah lokal, didasarkan pertanyaan kunci dan prinsip tata pemerintahan yang baik yang telah ditentukan sebagai sebuah bentuk kegiatan evaluasi.
Kartu Penilaian Bersama (KPB) sebagai tools dalam memotret persepsi para pemangku kepentingan terhadap tata kelola pemerintahan dalam pencapaian MDGs. Implementasi tools ini, diawali dengan mengumpulkan data sekunder (bersumber dari pemerintah). Selanjutnya data tersebut, di jadikan acuan dalam menfasilitasi kegiatan Lokakarya dan Latihan, serta Fokus Group Diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan di tingkat lokal. Sisi lain, implimentasi tools ini, dijadikan arena pemaknaan bersama bahwa pencapaian MDGs merupakan tanggungjawab bersama di antara para pemangku kepentingan.
Kartu Penilaian Bersama (KPB) diadaptasi dari berbagai Citizen Report Card yang pernah ada, Kartu Penilaian ini adalah salah satu cara masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan meningkatkan kinerja pemerintah di kota. Bentuk partisipasi tersebut adalah membantu memberi penilaian terhadap kinerja pemerintah lokal berdasarkan pertanyaan kunci yang telah ditentukan sebagai sebuah bentuk kegiatan evaluasi. Dengan demikian, keterlibatan setiap unsur masyarakat di tingkat lokal serta kemampuan pemerintah daerah dalam mengubah dan memperbaiki keadaan di dalam masyarakat, menjadi salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan pencapaian target-target MDGs.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar