Jumat, 19 Maret 2010

Menuju Pelayanan Prima Pemerintah Desa

Pemerintah Desa sebagai organisasi publik, pada dasarnya dibentuk untuk penyelenggaraan layanan Kepada masyarakat Kualitas layanan kepada masyarakat ini menjadi salah satu indikator dari keberhasilan penyelenggaraan pemerintah Desa.
Hakekat dari pelayan publik ditingkat desa adalah :
  1. Meningkatkan kualitas dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah desa di bidang pelayanan umum.
  2. Mendorong agar dapat mengefektifkan sistem dan tata laksana pelayanan, sehingga pelayanan umum dapat diselenggarakan secara lebih berdaya guna dan berhasil guna.
  3. Mendorong terciptanya kreatifitas, prakarsa dan peran serta masyarakat utk mencapai pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.
Agar pelayanan publik ini bisa berjalan dengan baik pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat haruslah memperhatikan prinsip prinsip sebagai berikut :
  1. Transparansi : bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti.
  2. Akuntabilitas : dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Kondisional : sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima layanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi dan efektifitas
  4. Partisipatif : mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan layanan dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masyarakat.
  5. Kesamaan hak : tidak diskriminatif dalam arti tidak membedakan suku, ras, agama, golongan, gender dan status ekonomi.
  6. Keseimbangan hak dan kewajiban : pemberi dan penerima layanan publik harus memenuhi hak dan kewajiban masing-masing pihak.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diatas tentunya harus ditunjang dengan kapasitas perangkat desa yang baik dan sarana dan prasarana yang memadai.

1 komentar :

  1. Dapatkan informasi seputar layanan perizinan di Kab.Kebumen,kunjungi website kami
    http://www.kppt.kebumenkab.go.id

    BalasHapus