Selasa, 30 Maret 2010

TOT PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA PARTISIPATIF


Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas perencanaan yang berprespektif kemiskinan, gender dan anak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan Plan dan FORMASI talah meluncurkan panduan perencanaan desa partsipatf. Paduan tersebut terdiri dari tiga buku, Buku pertama Panduan Penyusunan RPJMDes, Buku Kedua Pandauan Penyusunan RKP Desa dan Buku Ketiga merupakan buku pandauan bagi pemandu perencanaan pembangunan desa.
Sebagai tindak lanjut dari peluncuran buku tersebut pada tanggal 29 sampai dengan tanggal 31 Maret bertempat di hotel candi Sari dilaksankan TOT Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif. Pelatihan diikuti staf bapermades dan dan utusan dari 13 SKPD dilingkunagan Pemkab Kebumen, sedang fasilitator pelatihan tersebut berasal dari Bapermades, Bapeda dan Tim Penulis Buku Panduan ( FORMASI ).
Menurut Kapala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kebumen, Dra. Siti Alfiah Anggraeni pelatihan ini dalam rangka menyiapakan Fasilitator pada tingkat kabupaten, Sedang untuk menyiakan fasilitator di tingkat kecamatan ( 26 Kecamatan ) akan dilaksankan pelatihan pada tanggal 5 s/d 7 April 2010 dimana setiap kecamatan diminta mengirimkan sebanyak 3 personal, yang nantinya akan bertugas menjadi fasilitator di tingkat kecamatan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar