Sabtu, 08 Desember 2018

KEMITRAAN BUM DESA 2

Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.
Yang di jual bum desa itu produknya warga desa, bisa produknya bumdes, kelompok ekonomi, hasil masyarakat per orangan untuk pasar lokal, dijual ke Bumdes lain karena setiap bumdes adalah agen, distributor bumdes lainnya.
Untuk pasar regional, nasional tentunya menjual kepada mitra baik melalului jaringan asosiasi bum des di kabupten lain, asosiosiasi bum desa di tingjkat propinsi, BUMM dan pihak swasta.
Kita tidak pernah memaknai BUMDes, hanya sekedar perusahaan, ia seharusnya menjadi alat pergerakan ekonomi rakyat. Ini alatnya negara.. kakinya negara di tingkat yang paling bawah untuk mengerakan ekonomi dari tingkat yang paling bawah, maka negara tak boleh diam apalagi pesimis, ketika negara ragu dengan dirinya, menjadi sesuatu yang aneh. Tapi ini bukan untuk mengkoptasi dan memeonopoli ekonomi dan mematikan usahanya rakyat, Bumdes hanya sekedar alat untuk mengungkit potensi desa agar menjadi kekuatan yang mensejahterakan, bumdes hanya alat untuk mengkonsolidasi kekuatan ekonomi kecil yang tumbuh di desa agar menjadi kekuatan yang besar.
Apa Kabupatenmu masih ragu, dengan yang ia miliki dan menjadi tanggungjawabnya.
Apa desamu masih ragu, terhadap kewenanganya dan kewajibanya dalam mensejahterakan masyarakat.
Apa kamu sebagai warga desa masih ragu ?
Mari duduk bersama bermusyawarah, berbagi ide, bekerja bersama, lalu bergerak bersama.
"Ini bukan sekedar perusahaan"

Tidak ada komentar :

Posting Komentar