Senin, 02 Mei 2011

Doa Pada Hari Pendidikan Nasional

Hari ini adalah hari Pendidikan Nasional, jadi ingat waktu sekolah dulu setiap tanggal 2 mei pasti mengikuti upacara bendera. Berbaris rapi dan mendengarkan pidato dalam suasana yang panas. Materi dari pembina upacara bagai menguap di telan terik matahari. Tapi setidaknya ada perasaan senang karena tidak mengikuti pelajaran. Sebuah kegitan yang sudah berpuluh tahun tidak aku lakukan lagi.

Sekarang ketika ada teman mengingatkan bahwa hari ini adalah hari pendidikan nasional, ada perasaan yang aneh. Kalau dulu tanpa beban paling paling hanya berpanas ria dilapangan, tapi kalau sekarang yang terbayang adalah besar biaya pendidikan yang ditanggung untuk menyekolahkan anak. Apa lagi tahun ini anakku akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih atas. Terbayang betapa besar biaya yang harus aku sediakan.

Mungkin bagi sebagian orang biaya pendidikan bukanlah masalah tapi bagi sebagian yang lain biaya pendidikan adalah masalah yang terus menghantui pikirannya. Masa depan anak sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang ia terima. Tiada yang lebih sedih bagi orang tua dari pada membayangkan nasib suram anak ankanya yang tidak mendapatkan pendidikan memadai karena biaya pendidikan yang tidak terjangkau.

Pada Hari Pendidikan Nasional kali ini, aku hanya berdoa dengan sepenuh hati semoga di beri kemampuan untuk membiyayai pendidikan anak anak. Namun kalau tak mampu membiyayai pendidikan sesuai keinginan dan kemampuan mereka, aku hanya berpesan Kalian boleh tidak melanjutkan sekolah atau kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, tapi jangan sekali kali kalian berhenti untuk belajar “.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar