Minggu, 13 September 2009

Batik Kebumen Perlu Sentuhan Pemerintah Daerah





Batik Kebumen Perlu Sentuhan Pemerintah Daerah
Kabupten kebumen selain terkenal dengan sarang burung lawet sebenarnya menyimpan potensi industri rumah tangga kain batik. Sentra pengarajin batik setidaknya ada di desa jemur kecamatan pejagoan, desa tanuraksan kecamatan kebumen, desa seliling kecamatan alian dan di beberapa desa lainya. Indutri rumah tangga batik kebumen memang belum setenar batik pekalongan namun demikian kalau terus dikembangkan bukan tidak mungkin akan banyak menyumbang perekonomian kebumen. Apa lagi batik kebumen mempunyai kekhasan tersendiri yang unik dan tetap mempertahankan motif asli kebumen. Jika didaerah lain corak produksi batik sekarang lebih dominan dengan batik cetak ( mengunakan mesin ) tetapi industry batik di kebumen tetap konsisten dengan batik tulis yang mengandalkan ketrampilan dan olah seni seni yang tinggi.
Kekayaan ini local ini seharusnya mendapat perhatian yang memadai dari perintah daerah kabupaten kebumen sehinga industry rumah tangga batik kebumen bisa menjadi salah satu produk unggulan daerah.

2 komentar :

  1. Aku juga udah buatin wadah buat batik kebumen :)

    www.batik-kebumen.tk :)

    BalasHapus
  2. Perjuangan memang membutuhkan wadah, semoga dengan adanya wadah tentang batik tulis perkembangan akan menjadi semakin pesat

    BalasHapus