Senin, 08 Juni 2009

MENGUATKAN PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENYUSUN APBS

MENGUATKAN PERAN KOMITE SEKOLAH
DALAM MENYUSUN APBS

Komite Sekolah merupakan suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Badan ini bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hirarkis dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya. Sebagai badan yang memunyai Peran Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di tingkat satuan pendidikan, Pendukung (supporting agency) baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan, Pengontrol (controlling agency) dalam rangka tranparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan, Mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan. Di tuntut mempuyai kapasitas yang memadai sehingga dapat menjalankan perannya dengan maksimal, sehigga stigma bahwa komite sekolah hanya sebagai tukang stempel kebijkan kepala sekolah pelan-pelan dapat ditepis.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas komite sekolah khususnya dalam penyusunan dan pengawasan anggaran sekolah ( APBS ) seharusnya komte sekolah mendapat pengutan kapasitas tentang anggaran sekolah secara memadai .
Materi penguatan kapasitas APB Sekolah antara lain :
1. Pengantar APBS Partisipatif
a. Peran dan Fungsi Komite Sekolah
b. Pengantar APB Sekolah Partisipatif
c. Alur Penyusunan APB Sekolah
2. Penyusunan APB Sekolah
a. Struktur APBS
b. Menyusun Pendapatan Sekolah
c. Menyusun Belanja Sekolah
d. Menyusun Pembiayaan Sekolah
e. Musyawarah penetapan APBS
3. Pelaksanaan, Perubahan dan Perhitungan/pertangungjawaban APBS
a. Sosialisasi APBS
b. Pelaksanaan APBS
c. Perubahan APBS
d. Perhitungan APBS

Dengan pelatihan ini diharapkan komite sekolah mejalankan perannya secara maksimal dalam mengartikulasikan aspirasi wali murid dalam menyusun anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. Bagi teman-teman komite sekolah yang membutuhkan materi terbut dapat menghubungi kami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar